Review

Thursday, June 7, 2018

Review Philips Avent Electric Breastpump

Sebagai working mom, salah satu essentials yang mesti dimiliki adalah breastpump. Namanya juga ikhtiar buat tetep mengASIhi meskipun harus kerja yaa. Untungnya jaman sekarang banyak banget peralatan yang support working mom untuk tetap full ASI, ya kayak breastpump ini. Konon katanya, milih BP itu cocok-cocokan, kayak milih jodoh. Ada yang lebih cocok manual, ada yang cocok elektrik. Gimana dengan aku?

Sejauh ini alhamdulillah udah nyoba berbagai cara pumping, mulai dari manual banget pake tangan, BP manual dan BP elektrik. Kalo manual pake tangan emang cepet keluarnya, tapi udahnya itu bisa berotot sist tangan mamak :'D pegel gelaaa. Kalo BP manual emang enak, kata ibu-ibu kantor sih lebih banyak hasilnya kalo pake BP manual, pernah minjem punya temen dan emang beneran jadi banyak sih, tapi entah sugesti, emang kebetulan PD lagi penuh, atau emang bener teori tersebut, yang jelas masih pegel sist mompa-mompa, aku emang emak-emak pemalas. Jadi aku emang udah milih bakal pake BP elektrik dari awal, soalnya mikir kan enak sambil pumping bisa sambil main HP XD yaaayaaayaa...

Nah awalnya aku tuh diwarisin BP sama kakak iparku, elektrik merknya Little Giant. 
Tapi beberapa kali coba kok kayak gak cocok gitu di aku, hisapannya tuh berasa keras banget dan lumayan sakit, mana dulu nyoba pas awal-awal habis lahiran yang PD lagi bengkak-bengkaknya kan. Trus agak ribet juga karena dia ngehisap terus dan kalo mau ngelepasin kita harus pijit tombolnya, jadi berasa pake BP manual sih. Si corong buat PDnya juga kayak kekecilan buatku. Jadi ya udahlah daripada ga maksimal si BP itu dipensiunkan aja (hiks padahal lumayan kan..)

Terus suami nyuruh cari BP deh, aku mulailah cari-cari. Sebenernya udah kepikiran mau beli Spectra karena banyak yang recommend dan lumayan juga dari sisi harga, tapi kata suami jangan, cari yang lain aja (sotoy emang) trus dia nyuruh beli Pigeon yang elektrik. Browsinglah aku cari review BP Pigeon tapi kok kurang banyak infonya ya, dan kayaknya kurang oke juga padahal harganya 2jutaan.

Terus aku nemu nih reviewnya si Avent ini, katanya enak banget. Ga pake lama minta beliin suami dan meluncurlah BP ini ke rumah, yeeeyy. 
Phisically, si avent ini warnanya ungu muda gitu ugh cute banget favoritku, cuma emang bentuknya agak bulky. Lalu kabel sama selangnya juga agak panjang jadi lumayan makan tempat sih kalo ditaro dalem tas. Cuma kalo ga mau pake listrik, dia bisa pake batre AA sebanyak 4 buah, tapi aku belum pernah nyoba. Di mesin yang ungu itu ada 5 tombol, yaitu tombol power, tombol massage, dan 3 tombol hisap. Jadi si daya hisapnya tuh emang ada 3 fase gitu, mulai paling woles ampe paling ga woles 😂.




Lanjut ke cara pemakaian, jadi kalo kita tekan tombol power, dia otomatis nyala dan tombol massage juga langsung nyala. Nah setelah itu baru deh kita pilih antara 3 tombol hisap itu. Kalo dulu pas awal-awal pake aku selalu pasang di fase 3 alias yang paling ga selaw dan manteng terus disitu, tapi lama kelamaan nyobain di fase 2 dan yaa enak juga sih, terus sampe sekarang (dede 8 bulan) masih stay di fase 2 tiap kali pumping. 


Kalo mereka bilang di manual book sih bisa menghasilkan 125ml dalam 15 menit, ibu mana yang ga tergiur coba pas baca. Pas kucobain eh ternyata bener loooh, tapi dengan kondisi PD penuh hahahahah. Yah kalo gitu ceritanya sih 5 menit juga bisa dapet 80ml,been there lol.

Jadi enaknya avent ini apa yah? Menurutku sih hisapannya halus, hampir mirip dengan hisapan bayi. Udah gitu printilannya simple, dia juga bisa diubah jadi manual tapi harus nambah tuas sama membran yang khusus manual gitu, yang mana kalo dibeli tuh harganya bisa sama kaya beli BP manual baru merk lain haha. Terus corongnya itu gede, jadi si PD itu muat masuk ke dalem, pas gitu. Tapi sebenernyaa aku kurang suka sama ukurannya yang gede, ga support dual pump dan suaranya yang lumayan gengges. Cuma kalo mau investASI jangka panjang, boleh banget beli Avent soalnya keliatannya sih awet dan serba kokoh gitu loh perkakasnya. Kesimpulan yang bisa ku bilang, Avent bagus sih, yang terpenting dari sebuah breastpump kan kenyamanan ya dan dia punya itu. Tapi sayang kalo buat single pump mending coba merk lain deh, uang kembaliannya lumayan sist bisa dibeliin slow cooker :))

No comments:

Post a Comment

feel free to ask me ya :)