Review

Sunday, March 11, 2018

Review USG 4D di Lab Pramita


Jujur, aku sebenernya suka serem kalo liat hasil usg 4D berseliweran di timeline Instagram. Gimana yah? Aneh aja gitu, bayi yang mestinya lucu kok jadi bentuknya grinjel-grinjel gitu kayak alien huhu. Makanya aku tuh ga terlalu ngebet pengen USG 4D juga sih. 

Tapi ya namanya calon emak, mau belanja keperluan bayi kan pengen tau juga sih jenis kelaminnya apaan. Meskipun kita ga ngarepin jenis kelamin tertentu sih, sedikasihnya. Aku pengennya cowok deng, suami pengennya cewek, tapi kita pasrah aja gimana dapetnya. Nah berhubung kepo berat dan aku juga pengen tau lebih detail perkembangan dedek dalem perut, diputuskanlah kita untuk USG 4D. 


Banyak referensi tempat sih di Bandung buat USG 4D, yang ngehits karena murah itu di Cimahi klinik Pratama Cimahi, biayanya katanya cuma 125rb-an (2017) tapi antriannya duileee bisa ampe berjam-jam. Ada juga di klinik Alfaiha di Cisaranten, biayanya kurleb 250-an tapi ngga sengantri di Cimahi. Tapi suami nyuruh minta referensi ke dokter obgynku, akhirnya dikasih rujukanlah ke lab Pramita. Baca-baca reviewnya kok mahal beud huhu tapi yaudahlah katanya sih recommended.


Singkat cerita aku reservasi dulu jadwal dokternya, FYI kalo di Bandung USG 4D itu cuma bisa di Pramita jl. Riau ya :) dan dikasih jadwal Selasa pagi kalo ngga salah. Datanglah aku sendirian, suami ga bisa nemenin karena di Jakarta. Nunggu 10 menitan aku langsung dipanggil. Bu dokternya cukup ramah, begitu masuk langsung ditanya tentang kehamilan gitu dan langsung disuruh naik buat mulai USG nya. Jadi USG itu dimulai perbagian dari ujung kepala sampe ujung kaki. Terus aku yang langsung nanya gitu "ini jenis kelaminnya bisa ketauan ya dok?" "iya nanti yah dicek satu-satu, dari atas dulu" malu gue ngebet banget wkwkw. 


Dokternya beneran telaten banget menjelajahi (halah) tiap sudut badan dedek. Terus hampir setiap gerakan direkam gitu sama dia, karena nanti kan hasilnya berupa foto dan video. Pokoknya puas banget liatin dede gerak-gerak secara lebih real. Alhamdulillah kondisi fisiknya bagus dan kepala udah ada di bawah. Terus bagian cek jenis kelamin nih, dokternya bilang "Wah bu, jelas banget tuh dede ngeliatinnya." Hahaha emang beneran si dedek kayanya ngangkang gitu saking biar emaknya ga penasaran mulu, ada monasnya ternyata yeeeeyyy keinginanku punya anak cowok terkabul. Lalu ngasih tau suamilah dan reaksinya adalah "Wanjir" shock kali ya doi secara kelakuan doi ajaib banget waktu bocah (ampe sekarang) aku juga takutnya dedek titisan bapaknya banget nih tapi yaudah lah yang penting sehat yekan. 

Lanjut habis cek fisik gitu, bu dokternya juga cek bagian dalem kayak paru-paru, jantung, ginjal dll. Alhamdulillah ini juga sehat kondisinya. Naah berikutnya tinggal cari angle buat foto muka dedek deh, ini yang paling penting kan ini tujuan USG 4D, pengen tau muka dedek bayi. Geser geser sana sini, gulang guling, dedeknya masih malu ga mau nunjukin muka. Akhirnya aku disuruh jalan-jalan dulu supaya ngubah posisi dedek biar mukanya keliatan. Turun ke bawah, jalan-jalan sambil ngajak ngobrol dedek terus sekitar setengah jam aku dipanggil lagi. Coba dicek lagi ternyata belum full banget nih mukanya, yhaaa dedek ternyata ga suka difoto. Lalu aku disuruh jalan-jalan lagi, "Kalo habis ini ga bisa, seadanya aja ya bu" okelah bu dokter, kasian juga kelamaan dan udah kesiangan ngantor juga sih. 

Setelah jalan-jalan lagi, berdoa, ngajak ngobrol, pas dicek lagi dedek udah lumayan ngeliatin muka sih meskipun dari samping. Seenggaknya ada yang bisa dicapture lah haha. Kalo kata bu dokter "Wah mirip ibunya yaaa" hati mamak langsung berbunga-bunga dek. Mungkin ini kelebihan lab pramita juga yah, bener-bener ditungguin banget. Kalo klinik lain mungkin 1x take aja tuh USG nya (lu kate shooting). Prosesnya juga ga bisa langsung jadi, pagi USG hasilnya tuh baru bisa diambil sore. Untuk biayanya emang pricey sih, aku bayar 1,1juta waktu itu (Agustus 2017) tapi ya mudah-mudahan sebanding sama hasilnya.

Biaya USG (per Juli 2017)

Sorenya aku pun kesana lagi buat ngambil hasil USG. Yaaa inilah bagian paling menegangkan, liat hasil usg 4D dedek! Pas dibuka, jadi kita kayak dapet album foto sama CD yang isinya hasil USG. Albumnya ada 16 foto gitu,banyak banget kan dibanding USG biasa. 


hasil USG - foto & CD video
Emang memuaskan banget sih aku aja sampe muter-muter terus videonya. Jadi kalo menurutku harga segitu worth it banget sama hasilnya. Ngga apa-apa lah ngeluarin uang lebih banyak buat hasil yang bagus dan informasi yang lebih detail tentang si dedek. So yang mau nyoba pengalaman USG 4D yang agak beda, boleh dicoba ke Lab Pramita yaa.

Pros :
  • Gak ngantri
  • Detail banget meriksanya
  • Kalo posisi bayi belum bener dikasih waktu sampe bener
  • Dapet album foto dan CD video hasil USG


Cons :


       Mahils :p

No comments:

Post a Comment

feel free to ask me ya :)